Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan

 Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan


Perkembangan zaman membuat banyak perkembangan teknologi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan kondisi bumi yang tidak kondusif, membuat banyak perkembang teknologi mengacu ada faktor-faktor yang aman bagi lingkungan. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang tidak merusak alam tentu saja banyak manusia yang membutuhkannya agar mempermudah kehidupan mereka. Teknologi ramah lingkungan banyak diterapkan pada bidang energi dan industri, lingkungan, hingga transportasi.  Terdapat beberapa contoh teknologi ramah lingkungan, yaitu: 


1. Biogas

Biogas adalah jenis bahan bakar alternatif yang digunakan sebagai bahan bakar bagi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), biogas berasal dari proses fermentasi bahan organik bakteri anaerob (bakteri yang hidup di lingkungan tanpa oksigen). Bakteri tersebut mengubah zat organik menjadi gas metana sebesar 75 persen dan gas lainnya seperti karbon dioksida, hidrogen, dan hidrogen sulfida. 




2. Panel Surya

Panel Surya ada alat yang merubah energi matahari menjadi menjadi listrik. Saat matahari melalui panel surya, maka cahaya akan menghasilkan emisi elektron pada komponen panel. Selanjutnya elektro tersebut dihubungkan dengan sistem tertentu sehingga menghasilan listrik. Listrik tersebut dialirkan dan disimpan pada baterai, jadi bisa dipakai saat mendung atau malam hari. Panel surya memiliki keunggulan, tidak bisa menghasilkan emsisi gas rumah kaca, menghasilkan energi cukup besar, selain itu bisa dipasang, dipindahkan atau dikembangkan.




3. Mobil Listrik

Akhir-akhir ini mobil listrik digandrungi banyak orang. Masyarakat kelas menengah atas menggunakan mobil listrik dalam rangka kampanye penggunaan teknologi ramah lingkungan yang tidak merusak bumi. Mobil listrik sendiri adalah kendaraan yang menggunakan satu atau lebih motor listrik sebagai penggeraknya.  




Fungsi teknologi ramah lingkungan Berikut beberapa fungsi denga adanya teknologi ramah lingkungan: 

1. Menjaga kelestarian alam dari kerusakan
2. Menjaga lingkungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan
3. Meminimalkan limbah sehingga mencegah pencemaran lingkungan
4. Memanfaatkan barang-barang yang tidak berguna menjadi produk yang berguna bagi manusia Memudahkan dan pemenuhan kebutuhan manusia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semanggi Suroboyo, Kudapan Khas yang Mulai Terlupakan

Pendidikan Bahasa Indonesia

Kampus Putih Malang

UMM dan Berbagai Bidang Usahanya